Perhatikan gambar berikut! Jenis sudut pandang mata dalam menggambar perspektif pada sudut pandang gambar tersebut adalah Mata burung Mata normal O mata cacing O mata katak
1. Perhatikan gambar berikut! Jenis sudut pandang mata dalam menggambar perspektif pada sudut pandang gambar tersebut adalah Mata burung Mata normal O mata cacing O mata katak
Jawaban:
jawabannya mata burung menggunakan sedut 90 derajat
2. Apa fungsi menggambar perspektif dua titik hilang dari sudut pandang mata burung?
Jawaban:
Teknik gambar perspektif, digunakan agar bisa memberikan sebuah gambaran terhadap objek nyata yang terlihat dan sesuai dengan apa yang terlihat oleh mata manusia. Karena, pada titik hilang merupakan batasan penglihatan mata manusia.
SemogaMembantu^_^
3. Seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150 cm, melihat seekor burung yang berada tepat di atas pohon yang tingginya 11,5 m. Jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30°, maka jarak pemburu sampai ke pohon tersebut adalah
10 akar 3 m, menurut saya sih
4. Yang bukan termasuk kedalam unsur-unsur komik adalah….A. balon kataB. sudut pandangC. ukuran gambarD. relief19. Sebagai petunjuk umum untuk ruang dan waktu yang berisi kejadian-kejadian utama dari cerita yang terdapat dalam komik, berikut penjelasan dari….A. paritB. panelC. balon kataD. ilustrasi20. Salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari panel, berikut penjelasan dari….A. paritB. panelC. balon kataD. ilustrasi21. Supaya lebih komunikatif , diperlukan teks untuk menajamkan pesanyang ingin disampaikan, berikut penjelasan dari….A. paritB. panelC. balon kataD. ilustrasi22. Pengambilan sudut pandang gambar diarahkan pada posisi ketinggian diatas objek, sehingga dapat menjelaskan lingkungan yang luas. Berikut adalah pengertian dari….A. bird eye view (mata burung)B. high angle viewC. low angle viewD. eye level23. Pengembilan sudut pandang gambar diarahkan pada posisi mata diatas lebih tinggi dari objek. Sudut pandang ini dapat mencitrakan konteks rahasia atau kekalahan. Berikut adalah pengertian dari….A. bird eye view (mata burung)B. high angle viewC. low angle viewD. eye level24. Sudut pandang ini terlihat menyajikan secara distorsi kondisi bawah lebih besar daripada kontruksi atas. Berikut adalah pengertian dari….A. bird eye view (mata burung)B. high angle viewC. low angle viewD. eye level25. Menggambar dibuat sejajar dengan tatapan pandangan mata, agar pembaca dapat mengidentifikasi secara benar ketinggian bentuk ideal serta komposisi asli. Berikut adalah pengertian dari….A. bird eye view (mata burung)B. high angle viewC. low angle viewD. eye leve
Jawaban:
d.relief
Penjelasan:
maaf kalo salah,dan aku cuma tau yg itu doang
5. seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150 cm,melihat seekor burung yang berada tepat di atas pohon yang tingginya 11,5 m.jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30 derajat .tentukan jarak pemburu sampai pohon tersebut
150 cm = 1,5 m
tan 30 = (11,5 - 1,5) /x
1/√3 = 10/x (dikali silang)
x = 10√3
jadi jarak pemburu sampai ke pohon = 10√3 m
6. sebagai burung pemangsa, alam memiliki sepasang sayap, kuku, dan paruh yang kuat. tubuhnya diselubungi bulu pelepah. yang memiliki paruh dan kuku yang kuat dan tajam. telah mampu membawa mangsanya terbang, meski bobot tubuh mangsanya lebih berat.bpenglihatan yang sangat tajam. mata Allah memiliki sudut pandang 300 derajat dan mampu memperbesar penampakan benda 6-8 kali dari penampakan awalnya. 1.MENGAPA PENGLIHATAN ELANG SANGAT TAJAM?
Jawaban:
karena mata elang memiliki sudut pandang 300 derajat dan mampu memperbesar penampakan benda 6- 8 kali dari penampakan awalnya
7. hPasukan anti penjajahan Jepangd. Pasukan yang ditakuti Jepang18 Makna kata : sskar Elang pada kutipan cerpen tersebut adalah1 TentaraC. BarisanB PasukanD Burung1 sudut pandang pengarang pada kutipan cerpen tersebut adalaha Orang pertama pelaku utamaOrang keduaOrang pertama serba tahuOrang ketigadEssayPerhatikan peruntuk berikut dengan teliti!Manfaatkanlah percobaan praktikum yang pernah kamu lakukan pada mata pelajIPA, Prakarya, Seni Budaya, Penjasorkes, atau mata pelajaran lainnya ! Pilihlah salahpercobaan praktikum dari sekian banyak yang pernah kamu lakukan ! Fokuskan pikiraningatan pula satu percobaan yang kamu pilih!Tulislah sebuah laporan percobaan praktikum berdasarkan petunjuk tersebut dengan usebagai berikutJudulTujuan percobaan praktikumIlat dan bahanProsedur kerja kegiatanHasil dan pembahasanSumpulanPerbankan lustrus berikut dengan cermat
orang pertama pelaku utama
8. Seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150 cm,melihat seekor burung yang berada tepat di atas pohon yang tingginya 11,5 m. Jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 300 maka jarak antara pemburu sampai ke pohon tersebut adalah..... Tolong Dibantu ...
misalkan X adalah jarak pohon dan pengamat
X= 10 (tan 300) = 10 (-tan 60) = 10 (-akar 3) =-10 akar 3
penjelasan lebih lanjut di gambar
9. seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150 cm, melihat seekor burung yang berada tepat diatas pohon yang tingginya 11,5 m. jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30 derajat maka jarak antara pemburu sampai kepohon tersebut adalah....
maaf gambarnya kurang jelas
10. Seoeang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150 cm melihat seekor burung yang berada tepat diatas pohon yang tinggi nya 11,5 m jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30 derajat maka jarak antara pemburu sampai ke pohon tersebut adalah
Jawaban ada di gambar
Tan 30° = 1 / √3
Ok?
11. DONGENG “ KURA – KURA PEMARAH “ Dahulu, seekor kura-kura dan dua ekor burung bangau tinggal di tepi sebuah danau. Mereka merupakan kawan akrab. Mereka tertawa dan mengobrol bersama-sama sepanjang hari. Bertahun-tahun berlalu dalam damai dan bahagia. Sekali musim panas sungai-sungai dan danau kekerigan. Tak ada hujan turun. Binatang-binatang ang kehausan itu sangat menderita. Burung-burung mulai beterbangan menyingkir ke tempat jauh mencari air. Kura-kura dan bangau itu juga sanagat kawatir. “ Kita juga harus meninggalkan danau ini,” kata si bangau dengan sedih. Mereka mendatangi kura-kura dan berkata, “ Kawan ! Kita telah hidup bersama bertahun-tahun. Tetapi sekarang kami harus pergi. Selamat tinggal dan semoga selamat!” Tampak si kura-kura sangat sedih. Dengan air mata meleleh ia berkata,”bagaimana kalian dapat meninggalkan aku sendirian disini? Apakah aku ini bukan kawan kalian? kaliankah tahu bahwa aku pasti akan mati tanpa air. Mohon bawalah aku serta.” Bangau itu menjawab, ”wahai kura-kura, kami sebenarnya idak ingin meninggalkan kamu. Tetapi kamu tak dapat terbang bersama kami. Si kura-kura berfikir keras. Tiba-tiba dia mendapat akal. pergi bersamamu.” “baiklah kawan,” katanya sambil tersenyum.”aku tak dapat terbang seperti kalian tetapi aku masih dapat pergi bersamamu.” Burung bangau itu terheran-heran.”bagaimana mungkin?”mereka bertanya. “sederhana saja,”jawab kura-kura.”pertama-tama carikan aku tongkat panjang yang kuat. Lalu kalian berdua memegang masing-masing ujung tongkat itu dengan paruh kalian. Aku akan berpegangan dengan mulutku dan bergantungan di tengah-tengahnya kemudian kita semua dapat terbang menuju tempat di mana banyak terdapat air.” Burung-burung bangau itu berkata,”Wah akal yang luar biasa ! kami akan mencari tongkat yang kuat segera. “ Sebelum meninggalkan tempat itu si kura-kura berpesan, “ Kawan bangau, hati-hati ya, jangan menjatuhkanku.” Burung bangau itu menggeleng-gelengkankepalanya dan berkata, “ ya tentu saja kami akan hati-hati. Tetapi kamu harus berjanji juga. Jangan membuka mulutmu semetara kami terbang. Kalau tidak kamu pasti jatuh dan lehermu akan patah.” Kura-kura berjanji,” Aku tidaklah sebodoh itu. Aku tak akan berkata sepatah katapun.” Burung bangau itu memegang kedua ujung tongkat dengan paruhnya, dan si kura-kura bergantungan di tengah. Sambil mengepakkan sayapnya, burung banagau itu mulai terbang. Semakin tinggi mereka terbang di langit biru. Mereka terbang melintasi tanah, pegunungan dan kebun yang baru. Akhirnya mereka terbang di atas hutan yang banyak binatangnya. Segera berkerumun binatang-binatang di jalan. Mereka memandang ke atas melihat pemandangan yang aneh. “ Apa itu ?”, kata monyet tua,”Aku tak pernah melihat pemandangan yang sangat lucu ini selama hidupku !” Anak-anak hewan yang masih kecil tertawa keras-keras dan bertepuk tangan. “Eeee…lihatlah bangau yang membawa seekor kura-kura. Ha,ha,ha…” Si kura-kura sangat marah dan heran, “ Mengapa kelompok orang itu menertawakanku?” ia keheranan. Semakin lama semakin banyak hewan yang keheranan dan mengolok-olok kura-kura dan kedua bangau itu. Dasar si kura-kura yang tak dapat menahan emosi. Ia mudah marah dan tak dapat menahan kemerahannya lagi mendengar olok-olok hewan di bawahnya. “Aku akan balas caci- maki mereka!” gumam si kura-kura. Ia melupakan janjinya pada sang bangau. Ia membuka mulutnya untuk mengatakan sesuatu dan hup! Peganganya lepas jatuh ketanah dengan keras. Kura-kura bodoh dan malang itu tentu saja terjatuh kebawah dengan meluncur deras. Tubuhnya menghantam batu keras dan tewaslah seketika itu juga. Unsur intrinsik cerita kura kura pemarah Tema : Tokoh : Penokohan : Sudut pandang : Alur : Latar : Amanat : Tolong dibantu
Tema : KURA - KURA PEMARAH
Tokoh : bangau , kura-kura , monyet tua
Penokohan :- tokoh utama : bangau dan kura kura
- tokoh tambahan : monyet tua
Sudut Pandang : -dari sudut pandang sifatnya kura kura.
sangat pemarah dan pelupa tapi dia cerdik
-dari sudut pandang sifatnya bangau
sangat baik hati dan menepati janji
-dari sudut pandang sifatnya monyet tua
sangat suka mencela
Alur : *(menceritakan ulang inti cerita)
Latar : di tepi danau & di atas tengah tengah hutan
Amanat : Kita tidak boleh jadi orang pemarah & nasihat
harus selalu diingat ingat
........semoga bermanfaat.......
Jawaban:
tema : persahabatan
tokoh : kura-kura
burung bangau
monyet tua
penokohan : kura-kura pemarah
burung bangau yang baik hati
sudut pandang: aku sebagai kura-kura
alur : maju
latar : latar tempat : hutan, danau, sungai
latar waktu : musim panas
amanat : jangan mudah marah,jagalah persahabatan
Penjelasan:
12. Seorang pemburu yg tinggi pandangan nya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150cm , melihat seekor burung yg berada tepat diatas pohon yg tingginya 11,5m . Jika pemburu tersebut dgn sudut evelasi 30° . Tentukan jarak pemburu sampai ke pohon tersebut
Bab Trigonometri
Matematika SMA Kelas X
150 cm = 1,5 m
tinggi pohon = tinggi pemburu + (jarak x tan a) = 11,5 m
1,5 + (jarak x tan 30°) = 11,5
jarak x 1/√3 = 11,5 - 1,5
jarak = 10 √3 m
13. ,Seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 160 cm, melihat seekor burung yang berada tepat diatas pohon. Jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30o , dan jarak pemburu sampai ke pohon tersebut 3 m. Tentukan tinggi pohon tersebut dan buatlah segitiga yang menggambarkan cerita pada soal tersebut!
Jawaban:
tinggi pohon 3,33 meter
14. 1.Dalam menggambar perspektif bidang, apabila garis horizon dan titik hilang terdapat dibagian atas bidang gambar maka disebut juga dengan ....A. sudut pandang normalB. perspektif 1 titik hilangC. perspektif 2 titik hilangD. sudut pandang mata burungE. sudut pandang mata kucing2.perspektif yang didasari oleh kenyataan bahwa garis vertikal digambarkan secara vertical dan garis horisontal digambarkan secara horisontal. Semua garis yang menunjukkan kedalaman perspektif akan bertemu pada satu titik hilang adalah ….A. perspektif 1 titik hilangB. sudut pandang normalC. sudut pandang mata burungD. sudut pandang mata kucingE. perspektif 2 titik hilang3.Dalam menggambar ruang digunakan titik perspektif yaitu titik ....A. awal tarikan garisB. kumpul suatu benda dalam ruanganC. pandang dalam suatu bendaD. dimulainya proses menggambarE. kumpul suatu benda diruangan4.Pespektif yang digunakan untuk menggambar perspektif obyek yang memiliki kelompok garis horizontal yang tidak sejajar dengan bidang gambar adalah....A. perspektif 1 titik hilangB. sudut pandang mata kucingC. sudut pandang normalD. sudut pandang mata burungE. perspektif 2 titik hilang5.Dalam menggambar, hal yang perlu diketahui, antara lain bidang gambar, bidang frontal, bidang orthogonal, garis frontal, garis orthogonal, sudut surut dan perbandingan orthogonal. Bentuk gambar yang tersebut memiliki isi atau volume, disebut dengan gambar ....A. figureB. ruangC. sketsaD. 2 dimensiE. desain6.Sejajar dengan bidang frontal, digambarkan sesuai bentuk dan ukuran sebenarnya. Bidang orthogonal adalah bidang tegak lurus dengan bidang gambar, penjelasan ini merupakan unsur dari gambar ....A. figureB. sketsaC. bentukD. ruangE. 2 dimensi7.Gambar sosok manusia dengan berbagai karakter sosial, berbagai usia, mimik atau ekspresi, gerakan dan berbagai cara berpakaian maupun peran sosialnya. Bagian yang menjadi fokus menggambar adalah otot, jenis kelamin, dan posisi sudut pandang penggambar. Penjelasan diatas merupakan pengertian dari gambar ....A. 2 dimensiB. ruangC. figureD. sketsaE. desain8.Dalam gambar ruang yang menggunakan metode perspektif garis yang terletak pada bidang frontal dan tidak sama panjang dengan panjang sebenarnya adalah garis ....A. frontalB. orthogonalC. vertikalD. diagonalE. horizontal9.Dalam gambar ruang yang menggunakan metode perspektif garis - garis yang tegak lurus terhadap garis frontal, dan ditentukan dengan perbandingan adalah garis ....A. frontalB. orthogonalC. vertikalD. diagonalE. horizontal10.Perbandingan antara objek dalam gambar dengan objeksebenarnya. Menggambar rancangan panggung pementasan, perlu diketahui berapa ukuran panggung yang hendak ditata dan objek apa yang ada dalam rancangan dengan menggunakan ....A. sketsaB. desainC. miniaturD. konsep desainE. konsep skala11.Skala antara figure danruang tidak hanya terbatas pada ruang panggung, tapi ruang auditorium secara keseluruhan. Jadi ketika merancang disain ruang bisa juga menggambar ruang secara keseluruhan. Keunikan menggambar disain panggung adalah ....A. menggambar ruang di dalam ruang gambarB. menggambar desain di dalam ruang gambarC. menggambar skala di dalamruang gambarD. menggambar sketsa di dalam ruang gambarE. menggambar figure di dalamruang gambar
Jawaban:
1. A ( sudut pandang normal )
2. A. (persepektif 1 titik hilang)
3.C. (pandang dalam suatu benda)
4.C. (sudut pandang normal)
5.C.( sketsa)
6.C.( bentuk)
7. B. (ruang)
8.B. (orthogonal)
9.C. (vertikal)
10.D.( konsep desain)
11.E.( menggambar figure di dalam
ruang gambar)
15. Seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 160 cm, melihat seekor burung yang berada tepat diatas pohon. Jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30°, dan jarak pemburu sampai ke pohon tersebut 3 m. Tentukan tinggi pohon tersebut dan buatlah segitiga yang menggambarkan cerita pada soal tersebut!
Jawaban:
jawab sendiri lah
Penjelasan dengan langkah-langkah:
gampang kali it7
16. Seorang pendaki yang memiliki tinggi pandangan (dari tanah sampai ke mata) 150 cm, melihat seekor burung yang berada tepat di atas pohon dengan tinggi 11,5 m. Jika pendaki tersebut melihat dengan sudut elevasi 30°, jarak pendaki ke pohon tersebut adalah
Bab Trigonometri
Matematika SMA Kelas X
150 cm = 1,5 m
tinggi pohon = 11,5
tinggi pandangan + jarak . tan θ = 11,5
1,5 + jarak . tan 30° = 11,5
jarak . (1/√3) = 11,5 - 1,5
jarak = 10 √3 m
17. seorang pemburu yang tinggi pandangannya (dari tanah sampai ke mata) adalah 150 cm, melihat seekor burung yang berada tepat di atas pohon yang tinggi nya 11,5 cm. jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30 derajat, maka tentukanlah jarak pemburu sampai ke pohon
150 cm = 1,5 m
tan 30 = (11,5 - 1,5) /x
1/√3 = 10/x (dikali silang)
x = 10√3
jadi jarak pemburu sampai ke pohon = 10√3 m
18. tolong bentar lagi dikumpulin TUGAS MATERI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAANBaca teks berikut! Perhatikan paragraf yang saya beri penomoran 1-16! Kemudian jawab pertanyaan nomor 1-10 yang berkaitan dengan teks!1. Jelaskan mengapa nomor 1 dan 2 pada teks tersebut merupakan struktur orientasi? Jelaskan!2. Jelaskan mengapa nomor 3 sampai dengan 15 merupakan struktur komplikasi? Jelaskan!3. Jelaskan mengapa nomor 16 merupakan struktur resolusi? Jelaskan!4. Tuliskan kallimat yang menggunakan pancaindera mata menunjukkan latar tempat!5. Tuliskan kalimat yang menunjukkan ungkapan keterkejutan!6. Tuliskan dua kalimat yang menggunakan kata hubung penanda urutan waktu!7. Tulislah kalimat berikut menjadi kalimat langsung berdasarkan penulisan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar!a. Aku akan mengambil kucing dan piano emas kata peri fuchia.b. Aladin berkata kami sangat lapar. Datangakan semua makanan di sini yang enak dan lezat.c. Lihat di sana ada seekor burung yang tersangkut di dahan pohon. Pohon itu minta tolong, tapi kenapa kalian tidak mendengar? Kata Difa kepada teman-teman.8. Sudut pandang yang digunakan menggunakan sudut pandang orang …9. Latar:a. Latar tempanya yaitu di ….b. Latar suasana dalam cerita tersebut yaitu ….10. Watak tokoh Josua adalah
Jawaban:
A.aku akan mengambil kucingdan piano emas kata peri fuchia
19. Sebagai burung pemangsa, elang memiliki sepasang sayap, kuku, dan paruh yang kuat. Tubuhnya diselubungi bulu pelepah. Elang memiliki paruh dan kuku yang kuat dan tajam. Elang mampu membawa mangsanya terbang, meski bobot tubuh mangsanya lebih berat. Penglihatan elang sangat tajam. Mata elang memiliki sudut pandang 300 derajat dan mampu memperbesar penampakan benda 6-8 kali dari penampakan awalnya. Apa kesimpulan dari paragraf tersebut!Jawab
Jawaban:
kesimpulannya adalah :
burung elang adalah burung pemangsa ,yang memiliki paruh dan kuku yang kuat dan tajam dan memiliki penglihatan yang sangat tajam dan mampu memperbesar benda 6-8 kali dari penampakan awalnya.
20. seorang pemburu yg tinggi pandangan nya (dr tanah smpai ke mata) adalah 150cm, melihat seekor burung yg berada tepat di atas pohon yg tingginya 11,5m. jika pemburu tersebut melihat dengan sudut elevasi 30°. tentukanlah jarak pemburu smpai ke pohon tersebut
Tan = Sisi depan / Sisi samping
Tan 30° = 1/3 √3
Sisi depan = 11,5 - 1,5
Sisi depan = 10 m
Sisi samping = x m
1/3 √3 = 10 / x
x = 30 √3 (Rasionalkan)
x = 10√3 m
Post a Comment