5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah
1. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah
Jawaban:
1. jangan buang sampah sembarangan
2. membuang sampah dikelas pada tempatnya
3. merawat tanaman disekitar sekolah
4. menjalankan piket kelas dengan tekun
5. lakukan pembersihan genangan disekitaran sekolah agar terbebas dari nyamuk dan penyakitnya
Penjelasan:
2. Apa 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah ?
Jawaban: 1 buanjakkakkakkakak
Penjelasan: jajjajjajajaj
3. Susunlah 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:
Membuang sampah pada tempatnya.Mengurangi penggunaan plastik.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Pembahasan:
Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan yang bersih sebagai tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih akan membuat penghuninya sehat dan nyaman. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang berupa makhluk hidup misalnya tumbuhan dan hewan. Komponen abiotik adalah komponen yang bukan berupa makhluk hidup misalnya tanah, air, dan udara. Komponen biotik dan abiotik saling berhubungan satu sama lain. Manusia harus menjaga lingkungan sekitar dengan baik. Karena lingkungan yang bersih dan sehat membawa kenyamanan dan kesehatan. Sebagai contoh, kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:
Membuang sampah pada tempatnya.Mengurangi penggunaan plastik.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Pelajari lebih lanjut
Materi tentang pengertian lingkungan https://brainly.co.id/tugas/131073Materi tentang pengertian lingkungan biotik https://brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan abiotik https://brainly.co.id/tugas/2568562Detail jawaban
Kelas: 7
Mapel: IPA
Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Kode: 7.4.8
#AyoBelajar
#SPJ2
4. susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert
Jawaban:
1) . manyapu linkungan sekolah
2). mambersihkan kelas
3) . buang sampah pada tempatnya
4). menjaga kebersihan diri
5) . dan mencuci tangan
5. PDGK4201 Pem. PKN di SD 1. Untuk melakukan pembelajaran moral seorang guru perlu mempertimbangkan perkembangan moral kognitif dari Kohlberg. Lawrence Kohlberg membagi perkembangan moral seseorang berdasarkan perkembangan kognitif menjadi tiga tingkatan yaitu pra konvensional, konvensional dan pasca konvensional. Setiap level dibagi menjadi dua tahap. Jelaskan perbedaan moralitas ketaatan hukum pada level pra konvensional, konvensional, dan pasca konvensional! Berikan contohnya ! 2. Sebagai seorang guru kelas IV ketika sedang merancang RPP muatan PPKn akan memerinci kaitan langsung antara konsep yang ada pada materi Kompetensi Dasar dengan materi esensial, nilai, norma dan moral. Isikan dalam tabel ini contoh tuntutan perilaku yang terkait langsung antara konsep, nilai, norma dan moral. 3. Rancanglah RPP tematik yang bermuatan PKn menggunakan model pembelajaran PKn Berbasis portofolio kelas V. Anda bebas memilih muatan bidang studi yang lain yang sesuai tema. Yang wajib ada: 1) identitas (kelas, semester, tema, sub tema, dan pembelajaran ke berapa, waktu), 2) KD, indikator dan tujuan pembelajaran yang mengukur kemampuan berpikir HOTS, 3) langkah pembelajaran model pembelajaran PKn Berbasis portofolio, dan 4) Evaluasi yang khusus mengukur indikator/tujuan pembelajaran PKn. Evaluasi muatan bidang studi lain, boleh dicantumkan. Untuk LKPD dan materi tidak wajib dicantumkan, tetapi boleh memasukkan agar lebih jelas terlihat. 4. Pada tema Lingkungan dan Manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !
1. Moralitas ketaatan hukum pada level pra konvensional itu yang pertama memandang atau melihat hukuman dan ketaatan, kemudian memperhatikan pemuasan kebutuhan. Sedangkan untuk moralitas ketaatan hukum pada level konvensional itu yang pertama diperbaiki terlebih dahulu citra diri menjadi 'anak baik', lalu memperhatikan peraturan dan hukuman. Kemudian, moralitas ketaatan hukum pada level pasca konvensional itu ialah memperhatikan hak individu dengan dorongan kontrak sosial.
2. Contoh tuntutan perilaku yang terkait langsung antara konsep, nilai, norma dan moral ialah bekerja sama dan berpikir kritis.
3. Berikut RPP tematik yang bermuatan PKn
Standar kompetensi: untuk memahami peristiwa kebangsaan masa penjajahan.Tujuan Pembelajaran: siswa bisa mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia.Kegiatan Pembelajaran: Kegiatan pendahuluan, inti, penutup.4. Lima aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert adalah di antaranya dengan membuat agenda piket kelas, mentaati aturan buang sampah pada tempatnya, menyediakan fasilitas tempat sampah, mengurangi plastik, adakan kegiatan kerja bakti.
PembahasanAda beberapa tuntutan perilaku yang terkait langsung antara konsep, nilai, norma dan moral. Contohnya ialah bekerja sama dan berpikir kritis.
Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut materi tentang moral pada
brainly.co.id/tugas/50272863
#BelajarBersamaBrainly #SPJ16. Contoh 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah
Jawaban:
Soal :
Contoh 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah ?
Jawaban:
Saling mengingatkan Memberikan Contoh Kegiatan Bersama Kebersihan Toilet Kebersihan KelasPenjelasan:
#SemogaMembantu
#MaafJikaAdaKesalahan
7. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah, penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !
Jawaban:
buanglah sampah pada tempatnya jangan buang sampah sembarangan menjaga kebersihan kls dan menjaga kebersihan diri
8. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert
Jawaban:
jangan lupa kebersihan lingkunga sekolah
9. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan menggunakan skala bertingkat model likert
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan menggunakan skala bertingkat model likert antara lain sebagai berikut:
Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.Pembahasan:
Makhluk hidup dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Makhluk hidup tinggal dan hidup dalam lingkungan tertentu. Oleh karena itu, lingkungan yang ada di sekitar kita harus dijaga dan dirawat dengan baik. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen berupa benda hidup contohnya pohon dan hewan. Komponen abiotik adalah komponen bukan berupa makhluk hidup (benda mati) contohnya udara, batu, dan pasir. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan menggunakan skala bertingkat model likert antara lain sebagai berikut:
Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.Pelajari lebih lanjut
Materi tentang pengertian lingkungan biotik brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan abiotik brainly.co.id/tugas/2568562Materi tentang pengertian lingkungan brainly.co.id/tugas/131073Detail jawaban
Kelas: 7
Mapel: IPA
Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Kode: 7.4.8
#AyoBelajar
#SPJ2
10. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert
Jawaban:
membersihkan kls membersihkan linkungan sekolah dan jangan buang sampah sembarangan di sekolah
11. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
B.LINGKUNGAN ALAM TERIMA KASIH
12. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
No 1 d.Lingkungan sosial
13. Pada tema lingkungan dan manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !
Pada tema lingkungan dan manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:
Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Pembahasan:
Manusia hidup dalam suatu lingkungan tertentu. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik merupakan suatu komponen yang berasal dari makhluk hidup sedangkan komponen abiotik merupakan komponen yang berupa benda mati. Contoh komponen biotik yaitu pohon dan hewan sedangkan komponen abiotik contohnya yaitu air, tanah, dan udara. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:
Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Pelajari lebih lanjut
Materi tentang pengertian lingkungan biotik brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan brainly.co.id/tugas/131073Materi tentang pengertian lingkungan abiotik brainly.co.id/tugas/2568562Detail jawaban
Kelas: 7
Mapel: IPA
Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Kode: 7.4.8
#AyoBelajar
#SPJ2
14. di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !
Jawaban:
baik sm teman.patuh sm guru. disuruh guru mau. bersih bersih.
15. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
1.a
2.a
3.a
4.a
5.a
6.a
7.a
8.a
9.a
10.a
16. 1. Guru, pekerja seni, petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok....... Pilih salah satu jawaban a. narasumber b. lingkungan alam c. lingkungan masyarakat dan budaya d. lingkungan sosial 2. Materi yang dimulai dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan .... Pilih salah satu jawaban a. Expanding Thematical Approach b. Expanding Thopical Approach c. Expanding Environmental Approach d. Expanding Community Approach 3. Mempelajari IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta didik, kecuali .... Pilih salah satu jawaban a. tidak membuang sampah di sungai b. menanam pohon di lingkungan rumah c. menggunakan air secukupnya 4. Metode pembelajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu perwujudan kompetensi .... Pilih salah satu jawaban a. pendidikan karakter b. intelektual c. multikultural d. Sosial 5. Nilai-nilai pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... .... Pilih salah satu jawaban a. memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin b. memahami keterbatasan sumber daya alam dan bijak dalam memanfaatkannya c. menjual sumber daya alam lain untuk kemakmuran masyarakat d. menggali sumber daya alam yang belum tersentuh 6. Pada area dan substansi pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan bagian dari .... Pilih salah satu jawaban a. waktu b. norma c. nilai d. Ruang 7. Pengalaman belajar yang meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah .... Pilih salah satu jawaban a. membaca artikel tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya b. mendengarkan penjelasan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya c. melakukan pengamatan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di sekitarnya d. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat laporan tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa 8. Pengembangan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat termasuk dalam aspek .... Pilih salah satu jawaban a. keterampilan b. intelektual c. kehidupan sosial d. kehidupan individu 9. Salah satu manfaat mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah.... Pilih salah satu jawaban a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas b. mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya alam c. memanfaatkan sumber daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu d. memahami sumber daya alam tak terbatas di lingkungannya 10. Tujuan mempelajari IPS adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial, kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan .... Pilih salah satu jawaban a. diri sebagai makhluk sosial b. diri siswa sebagai pribadi c. kemampuan intelektual siswa d. kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
1.d.lingkungan sosial
2.d.
3.c
4.c
5.A.
6.A.
7.C.
8.C.
9.A
10.d
17. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !
Jawaban:
1.bergotong royong membersihkan kan lapangan
2.menyapu kelas
3.bergotong royong membersihkan toilet
4.memotong tumbuhan yang mengganggu
5.membersikan kelas
Jawaban:
Menerapkan dan mematuhi jadwal piket.Membuang sampah pada tempatnya. Memisahkan sampah organik dan an-organik. Daur ulang sampah. Membuat denda bagi yang buang sampah sembarangan.Meningkatkan Kesadaran diri. Nasihat dan ancaman dari guru. Mengutip sampah daun di pekarangan sekolah. Menyiram toilet setelah digunakan. Rutin mengadakan lomba kelas terbersih dan terkotor.semoga bermanfaat ya kak:)
BY=> @MLIZA 5233
18. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !
Aspek pengamatan perilakumenjaga kebersihan lingkungan sekolah yaitu:
Melakukan piket kelas harian sesuai jadwal.Membuang sampah pada tempatnya.Menjaga kebersihan kelas.Tidak merusak barang-barang di dalam kelas.Merawat tanaman di pekarangan sekolah.Dengan skala bertingkat model Likert yang digunakan yaitu:
Sangat baik (SB) = 5.Baik (B) = 4.Cukup baik (CB) = 3.Kurang baik (KB) = 2.Sangat tidak baik (STB) = 1.PembahasanSkala Likert adalah skala penelitian yang digunakan untuk mengukur sikap dan juga pendapat responden. Pada penggunaan skala Likert responden akan diminta untuk menunjukkan tingkat persetujuannya terhadap pernyataan yang tersedia.
Sehingga dengan menggunakan skala Likert, kita dapat mengukur data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Secara umum, skala likert banyak digunakan dalam angket untuk suatu survei atau riset.
Berikut ini petunjuk penskoran yang perlu kita ketahui jika menggunakan skala bertingkat model likert, yaitu:
Dalam menggunakan skala Likert, terdapat 2 pernyataan yaitu pernyataan positif dan pernyataan negatif. Pernyataan negatif merupakan pernyataan yang diharapkan untuk tidak disetujui oleh responden, sedangkan pernyataan positif diharapkan untuk disetujui oleh responden.Pernyataan positif diukur dengan skala positif yaitu dengan memberikan skor bertingkat mulai dari 5,4,3,2, dan 1, contohnya:Sangat setuju (SS) diberi skor 5.Setuju (S) diberi skor 4.Ragu (R) diberi skor 3.Tidak setuju (TS) diberi skor 2.Sangat tidak setuju (STS) diberi skor 1.Pernyataan negatif juga diukur dengan skala negatif yaitu dengan memberikan skor bertingkat 1, 2, 3, 4 dan 5, contohnya:Sangat setuju (ST) diberi skor 1.Setuju (S) diberi skor 2.Ragu (R) diberi skor 3.Tidak setuju (TS) diberi skor 4.Sangat tidak setuju (STS) diberi skor 5.Pelajari lebih lanjutMateri tentang petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert, pada: https://brainly.co.id/tugas/42295325Materi tentang gaya manajer tradisional menurut Likert, pada: https://brainly.co.id/tugas/45629636Materi tentang cara menghitung skor matematika, pada: brainly.co.id/tugas/50820028Detail jawabanKelas: Sarjana
Mapel: Statistika
Bab: -
Kode: -
#AyoBelajar#SPJ2
19. Susunlah 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan sekolah menjadi skala bertingkat
[tex]{ \huge{ \tt{ \red{ jawaban}}}}[/tex]
[tex]{ \boxed{ \tt{ \red{ pembahasan}}}}[/tex]
Saling mengingatkanJadi ada semacam swakontrol, saling mengawasi dan mengingatkan di antara sesama teman.
Memberi contohPara ibu dan bapak guru harus bisa memberi contoh untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekolah, misal dengan kesediaan untuk memungut sampah yang tercecer.
Kegiatan bersamaAjak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan ruangan kelas. Anak-anak dapat dibagi menjadi beberapa kelo mpok, dan tiap kelompok bertanggung jawab membersihkan bagian tertentu dari isi kelas.
Kebersihan toilet.Toilet biasanya menjadi ukuran bersih tidaknya suatu lingkungan sekolah.
[tex]{ \huge{ \tt{ \red{penjelasan}}}}[/tex]
[tex]{ \boxed{ \tt{ \red{semoga \: membantu}}}}[/tex]
20. Pada tema lingkungan dan manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model likert ?
Pada tema lingkungan dan manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Terdapat beberapa aspek pengamatan perilaku dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain:
Mengadakan piket kelas yang bertujuan untuk menjaga kebersihan kelas.Mengurangi penggunaan plastik.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Tidak membuang sampah sembarangan.Mengadakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah.Pembahasan:
Manusia adalah makhluk yang hidup dalam suatu lingkungan, yang mana lingkungan sendiri adalah segala hal yang berada di sekitar manusia yaitu komponen biotik maupun abiotik. Komponen biotik merupakan komponen yang berasal dari atau berupa makhluk hidup, sedangkan komponen abiotik berupa benda mati. Salah satu contoh komponen biotik adalah hewan, sedangkan contoh dari komponen abiotik adalah udara. Kedua komponen ini harus dijaga manusia agar tercipta suatu lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.
Pelajari lebih lanjut
Materi tentang pengertian lingkungan biotik brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan brainly.co.id/tugas/131073Materi tentang pengertian lingkungan abiotik brainly.co.id/tugas/2568562Detail jawaban
Kelas: 7
Mapel: IPA
Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Kode: 7.4.8
#AyoBelajar #SPJ2
Post a Comment